Jumat, 27 Agustus 2010

PermataBank Syariah Salurkan Zakat Rp1 M

JAKARTA - Unit Usaha Syariah PermataBank (PermataBank Syariah)menyalurkan zakat kepada 14 mitra Lembaga Amal Zakat Infaq dan Shodaqoh (LAZIS) sebesar Rp1 miliar. Hal itu dilakukan sebagai tanggung jawab sosial perusahaan ke masyarakat.

"Sebagai komitmen kepada masyarakat kami menyalurkan zakat sebesar Rp1 miliar," ungkap Head of PermataBank Syariah Achmad K Permana, saat Penyaluran Zakat kepada 14 Mitra Lazis di kantor PermataBank Jakarta, Jumat (27/8/2010).

Ke-14 Lazis dan lembaga sosial tersebut adalah Baitul Maal Hidayatullah (BMH), Al Azhar Peduli Ummat (APU), Rumah Zakat, Lazis Amaliah Astra, Aksi Cepat Tanggap (ACT), Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), Dompet Dhuafa (DD), Badan Wakaf Alquran (BWA), Pos Keadilan Peduli Ummat (PKPU), Ummi Maktum, Perhimpunan Pengembangan Pesantren dan Masyarakat (P3M), Program Pembibitan Penghafal Alquran (PPPA), Dompet Peduli Ummat Daarut Tauhid (DPU-DT) dan Dewan Syariah Nasional (DSN).

Sedangkan Unit Pelayanan Zakat (UPZ) PermataBank Syariah memulai pelayanan zakat dengan ziswaf awal sebesar Rp222 juta. Seiring dengan peningkatan laba PermataBank Syariah, pada tahun 2009 dana zakat yang berhasil dihimpun sebesar Rp1,3 miliar dan di tahun ini meningkat hingga mencapai Rp2,3 miliar.

Pengelolaan dana ini disalurkan di kantor pusat dan kantor cabang syariah di 10 kota besar kepada yang berhak menerima.

"Dana zakat ini dialokasikan untuk pembangunan rumah sakit gratis dhuafa, rumah bersalin gratis dhuafa, beasiswa dhuafa, program alquran braille, pembangunan perpustakaan bagi sekolah atau madrasah, dana zakat bergulir bagi pedagang kecil di Jawa Barat hingga pembuatan sumur air bersih di NTT," jelasnya.

Hingga semester I-2010, laba PermataBank Syariah naik 100 persen dari Rp29 miliar menjadi Rp59 miliar. Kenaikan laba disebabkan oleh peningkatan pendapatan dan peningkatan pembiayaan. Di antaranya dari marjin murabahah dan sewa IMBT yang naik 72 persen dari Rp39,5 miliar menjadi Rp68 miliar.

SUMBER : http://ramadan.okezone.com/read/2010/08/27/335/367477/permatabank-syariah-salurkan-zakat-rp1-m

Tidak ada komentar:

Posting Komentar